Tuesday, March 12, 2013

5 Langkah Bangkit Dari Kegagalan

Kadang kita menjalani kehidupan ini tidak selalu mengalami kemudahan, bahkan ada saatnya kita akan mengalami kondisi yang membuat kita jatuh tersungkur ke dalam lubang yang dalam dan membuat kita susah untuk bangkit kembali. Bukan sesuatu hal yang baru di dalam kehidupan ini bahwa setiap manusia pasti akan merasakan kegagalan bahkan dari kita lahir pun kita pernah mengalami suatu kegagalan. Namun masalahnya bukan pada soal kegagalan itu melainkan adalah bagaimana cara kita menghadapi dan menyikapi suatu kegagalan yang sedang singgah di kehidupan kita karena semua manusia pasti akan mengalami kegagalan tergantung dari seberapa besar masalah yang kita alami.

Banyak dari kita takut akan kegagalan dan tidak berani menghadapinya, baik dalam kegagalan bisnis, keluarga, hubungan dengan orang lain, atau yang lainnya. Kita hanya siap untuk menghadapi dan menerima suatu keberhasilan, dan itu hanya membuat kita terlena dan manja pada kehidupan ini. 

Tidak ada sesuatu apapun yang menjadikan urusan kita menjadi lebih mudah melainkan kita sendiri yang membuat urusan itu menjadi lebih mudah. Suatu masalah akan menjadi terasa sangat berat apabila kita menyikapinya dengan rasa putus asa, mudah menyerah, pasrah dengan apa yang dialami tanpa berbuat suatu yang lebih baik lagi. Perlu diingat tak ada keberhasilan apapun yang lebih  bermakna tanpa menghadapi terlebih dahulu suatu kondisi yang kita sebut kegagalan, karena dengan merasakan suatu kegagalan kita akan lebih memiliki kemampuan untuk menghargai hidup yang kita jalani.

Kita sebagai manusia memiliki suatu kemampuan untuk menghadapi berbagai kondisi dan memecahkan suatu masalah. Ada banyak cara untuk kita agar kembali bangkit dari sebuah kegagalan dan itu akan keluar sendirinya dari dalam diri kita apabila kita menyadari bahwa hidup ini harus terus berjalan sampai akhir nafas kita.

Berikut 5 Langkah untuk bangkit dari kegagalan yang mungkin bisa membantu kita untuk bangkit kembali dari ketidakberhasilan. 

Langkah Pertama : Evualuasi Diri
Hal pertama yang harus kita lakukan adalah kembali pada inti masalah yang kita hadapi. Apa yang sebenarnya terjadi? tak ada kata "menarik diri untuk saat ini. Jujurlah dengan diri sendiri dan akui dimana letak kesalahan yang kita perbuat. Buatkan catatan pada daftar kesalahan-kesalahan kita, sehingga kita tak akan terjatuh lagi dalam lubang yang sama. 

Langkah Kedua: Perlakukan Diri Dengan Baik 
Menarik diri tidak akan membantu kita bangkit dari kegagalan. Pada saat ini, kita harus kuat. Hadapi masa depan dan berikan pada diri kita waktu untuk istirahat. Kita telah mengakui dari mana kita salah melangkah dan sekarang lakukan apa saja untuk memperbaiki kesalahan kita. Jangan terus menghukum diri sendiri.

Langkah Ketiga: Cari Koneksi Baru
Langkah penting berikutnya yang harus kita lakukan untuk bangkit dari kegagalan adalah membuka jalur komunikasi baru. Cari dan temui orang-orang baru yang bisa membantu kita atau menginspirasi kita untuk menjadi orang yang lebih baik. Jika kita tidak bisa bertemu orang-orang baru, setidaknya kita berusaha untuk menemukan sosok peran baru dan mempelajari semua yang kita dapat tentang mereka. Cari tahu mengapa mereka berhasil dan tantangan yang mereka taklukan. Belajar dari kesalahan mereka, sehingga Anda dapat menghemat waktu dan usaha. Memiliki koneksi baru adalah cara yang bagus untuk mendapatkan hidup baru.

Langkah Kempat: Selalu Berusaha Untuk Mengembangkan Diri 
Agar kita bangkit dari kegagalan, kita harus menjadi orang yang lebih baik dalam semua aspek kehidupan. Hadiri seminar yang bisa memperkaya pengetahuan kita. Baca buku-buku yang dapat membantu kita meningkatkan strategi hidup kita. Kita sudah tahu di mana letak kesalahan. Sekarang, saatnya untuk memperbaiki situasi.
Langkah Kelima: Ambil Satu Langkah Maju
Sekarang adalah waktunya untuk mengambil langkah penting ke depan. Ini mungkin sedikit menakutkan, mengingat seberapa jauh kita mengalami kegagalan selama di hidup kita, tetapi kita tidak perlu melakukan semuanya sekaligus. Lakukan sesuai dengan kemampuan kita, dan buat suatu langkah pertama. Sebenarnya, kita mungkin sudah tahu bagaimana bangkit dari kegagalan. Hanya rasa takutlah yang menghambat kita dan mengaburkan penilaian pada diri kita. Percayalah pada diri sendiri.

Langkah di atas merupakan beberapa langkah dari ribuan cara untuk kita menghadapi dan bangkit dari kegagalan, bahkan kita semua dapat mencari sendiri cara bagaimana seharusnya bangkit dari suatu kegagalan. Semoga dapat membantu. 
By: Otodidakers Kru

2 comments: